Insan Dikti Ikuti Webinar “Kedaireka Web Services”
  • UTU News
  • 23. 07. 2021
  • 0
  • 732

MEULABOH, UTU - Dalam rangka melanjutkan Program Kedaireka Academy, kepada insan Pendidikan Tinggi (Dikti) diberikan pemahaman seputar perkembangan teknologi cloud computing serta pengenalan kelas kedaireka bersama Amazon Web Services (AWS) yang dikemas dalam Webinar Kick Off Meeting, secara virtual, Kamis, 22 Juli 2021.

Webinar Kick Off Meeting : Kelas Kedaireka X Amazon Web Services (AWS) yang diselenggarakan Tim Kerja Akselerasi Kampus Merdeka sebagai langkah tindak lanjut penyelenggaraan program pelatihan Kedaireka Academy.  Pesertanya adalah para dosen Universitas Teuku Umar (UTU) bersama sivitas akademika perguruan tinggi lainnya, insan dikti, pelaku bisnis dan masyarakat umum.

Narasumber Webinar Kick Off Meeting adalah Prof. Nizam (Direktur Jenderal Pendidikan TinggiKementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi), Paristiyanti Nurwardani (Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi), Achmad Adhitya (Koordinator Tim Kerja Akselerasi Kampus Merdeka), Bimo Yuwono Arie Prabowo (Education & NPO Account Lead Indonesia Amazon Web Services), dan Furin Ongko (Program Manager AWS Educate).

Bimo Yuwono Arie Prabowo antara lain mengatakan, dari sisi teknologi dan akademik serta pelatihan yang dilakukan melalui kedaireka,  diharapkan dapat memberi kesempatan yang lebih luas kepada insan dikti  dalam meningkatkan kapasitasnya sehingga kolaborasi menjadi lebih baik. AWS itu dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Sedangkan menurut Furin Ongko antara lain mengatakan, AWS academy lebih cocok untuk diimplementasikan pada universitas dan politeknik, karena sifat dari AWS academy ini bersertikasi, baik untuk dosen maupun untuk mahasiswanya. “Ada tiga program yang dimiliki oleh AWS academy dan tidak memerlukan biaya bagi dosen, mahasiswa dan institusinya.”

Muncul pertanyaan dari peserta, AWS memiliki tiga program salah satunya adalah AWS academy. Bagaimana cara mendaftar dan mengikuti AWS academy dan apakah ada ketentuan khusus seperti jurusan tertentu untuk mengikuti AWS academy?. Dijawab, untuk pendaftarannya musti dilakukan  lebih dahulu di AWS academy. AWS academy itu merupakan program sertifikasi. Untuk itu, bagi dosen yang mendaftar adalah dosen yang sudah memiliki sertifikasi.

A Achmad Adhitya menjelaskan, untuk tahun ini minimal ada 15 kelas yang dibuka di kedaireka academy. “Kelasnya beragam, mulai kelas ekonomi, kelas sosial, kelas pertanian, digital teknologi, dan kelas tentang menulis piper ilmiah dan mempublikasikan piper di jurnal internasional”, (***)  

Lainnya :