Mahasiswa FT UTU Menggelar Program Kreatifitas Mahasiswa
  • UPT_TIK
  • 18. 09. 2021
  • 0
  • 463

MEULABOH, UTU – Fakultas Teknik-Universitas Teuku Umar (FT-UTU) melalui Bengkel Kreatif, menggelar sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) secara daring via zoom meeting, Sabtu, 18 September 2021.

Sosialisasi dibuka Dekan FT UTU Dr. Ir M. Isya, MT, dan dihadiri Wakil Dekan I FT UTU Samsunan, ST.,MT, para dosen, mahasiswa Fakultas Teknik, serta mahasiswa. Acara dipandu langsung oleh Herri Darsan, ST.,MT (Sekretaris Prodi Teknik Mesin). Pemateri sosialisasi PKM tersebut adalah Arie Saputra, ST.,M.Si dan Mohamad Gazali, S. Pi.,M.Si (kedua pemateri ini reviewer Nasional PKM), dan Muhammad Nurdin, S.Pi (alumni FPIK UTU yang pernah lolos PIMNAS di Makasar pada tahun 2017).

Dalam pengantar singkat Dekat, M. Isya mengajak mahasiswa untuk menuangkan ide-ide kreatif dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait kegiatan PKM kepada mahasiswa FT UTU khususnya dan kepada mahasiswa UTU pada umumnya serta meningkatkan minat mahasiswa untuk mengikuti ajang PKM tahun ini. PKM merupakan ajang paling bergengsi bagi kalangan mahasiswa di Indonesia.

Arie Saputra memaparkan materi terkait dengan Skema PKM-PI, PKM-KC dan PKM-GT. Dalam paparannnya, pemateri menyampaikan bahwa administrasi sangat penting diperhatikan dalam penulisan proposal PKM untuk semua skema PKM.

Sedangkan Mohamad Gazali menyampaikan materi terkait dengan Skema PKM-R, PKM-PM dan PKM-K. Diawal paparannya, pemateri langsung memompa semangat mahasiswa terkait dengan hal-hal positif yang bisa didapatkan oleh mahasiswa yang lolos pendanaan PKM. Gazali juga menyampaikan bahwa peran dosen pembimbing dalam penulisan proposal PKM sangat penting untuk lolos pendaaan di Simbelmawa.

Di akhir acara, Muhammad Nurdin, memberi motivasi, trip dan trik untuk lolos PKM. Nurdin juga menceritakan pengalamannya yang pernah lolos pendanaan PKM sebanyak 3 kali dan sekali lolos PIMNAS di Makasar pada Tahun 2017 (***)

Lainnya :