Prodi IAN FISIP UTU Gelar FGD Finalisasi Implementasi MBKM Bersama Mitra
  • UTU News
  • 17. 09. 2021
  • 0
  • 503

MEULABOH, UTU – Jajaran Program Studi Ilmu Adiministrasi Negara-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (Prodi IAN FISIP UTU) melaksanakan Fucus Group Discussion (FGD) “Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Bersama Mitra Kerjasama”, di Aula Gedung Baru Terintegrasi UTU, Kamis, 16 September 2021. Kegiatan FGD dibuka oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA dan dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) bersama mitra.

Prof. Jasman, antara lain lain menyampaikan, dunia ini terus berkembang dan dinamis pergerakannya. Untuk itu, perlu terus melakukan pengembangan  dan perlu terus menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan disekitar lingkungan.  “Perguruan tinggi dalam hal ini, kita di UTU harus mampu melakukan sesuatu dan melahirkan hal-hal yang baru, yang sangat terkini. Oleh karena itu, program belajar MBKM ini merupakan jawaban atas solusi kemampuan kita mengikuti perubahan-perubahan yang ada disekitar kita.

Dengan hadirnya program MBKM ini dituntut mampu meningkatkan kinerja  dengan mitra kerjasama, terutama dalam hal mengembangkan kurikulum yang berbasis kepada kondisi masyarakat disekitar. “Kita tidak hanya bicara soal internasional, nasional tetapi juga bicara mengenai lokal, karena lokal sesuatu hal yang sangat penting sehingga program dan kebijakan yang dilakukan di kampus benar-benar disenangi dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat”, tegas Prof. Jasman.

Sebelumnya, Ketua Prodi IAN FISIP UTU, Fadhil Ilhamsyah, S.IP.,MAP mengatakan, kegiatan hari ini merupakan bentuk implementasi dalam rangka pelaksanaan bantuan kerjasama kurikulum dan Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dari awal Prodi IAN sudah mengadakan FGD bersama mitra, menyampaikan mengenai kurikulum dengan melibatkan berbagai stakeholder dalam pengembangan kampus.  “Sekarang dan ke depan, kampus tidak hanya untuk proses pembalajaran semata tetapi harus bermanfaat bagi masyarakat”.

Sementara itu, Dekan FISIP UTU, Basri SH.,MH mengatakan,  kegiatan FGD ini sudah memasuki tahap finalisasi dari implementasi kurikulum MBKM Prodi IAN dengan mitra kerjasama. Kita patut bersyukur bahwa Prodi IAN sudah hampir tuntas melaksanakan kurikulum ini yang ikut dalam program kompetensi implementasi kurikulum MBKM. “Baru-baru ini kita sudah melakukan kerjasama pertukaran mahasiswa dengan beberapa perguruan tinggi seperti Unimal.  Dalam minggu depan kita akan mengantar beberapa mahasiswa kita ke Unimal dan juga sebaliknya, kita akan menerima beberapa mahasiswa dari Unimal”.

Mitra kerjasama dalam hal ini adalah Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banda Aceh, Kepala Dinas Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Nagan Raya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh Barat, Keuchik Gampong Gunong Kleng, Keuchik Gampong Suak Puntong, Ketua Prodi Administrasi Publik FISIP Unimal, Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan  FE-UTU, Ketua-Ketua Prodi Lingkup FISIP UTU, dan Dosen Prodi IAN FISIP UTU. (***)

Lainnya :