UKM KSR PMI Unit Universitas Teuku Umar Gelar Diklat
  • UTU News
  • 21. 10. 2021
  • 0
  • 716

MEULABOH - UTU | Pandemi tak halangi Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Universitas Teuku Umar untuk merekrut anggota baru. Untuk keberlanjutan dan terus memutar roda organisasi perekrutan terus dilakukan.

Bagi calon anggota harus mengikuti pelatihan KSR, pada tahun 2021 ini dilaksanakan pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan, Rabu (20/10/2021) di Aula Universitas Teuku Umar. Kegiatan Diklat berlangsung sejak tanggal 17 hingga 23 Oktober 2021 yang diikuti 20 orang peserta dari 70 rang  pendaftar dari semua Fakultas di UTU.

Pendidikan dan Pelatihan  Kepalangmerahan ini merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun oleh UKM KSR PMI Unit UTU dalam rangka kaderisasi keanggotaan sebagai tongkat estafet kepengurusan dan menjaga Eksistensi KSR sebagai UKM yang bergerak di bidang Kemanusiaan dan Kepalangmerahan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teuku Umar, Dr. Mursyidin, MA dalam sambutanya berpesan agar regenerasi ini terus berjalan karena dengan regenerasi ini organisasi dapat dinyatakan tetap hidup.

Menurutnya relawan KSR-PMI merupakan tim garda terdepan dalam kegiatan kemanusiaan, sehingga sangat perlu ditanamkan jiwa pemimpin dalam diri masing-masing.

"Mahasiswa harus aktif berorganisasi baik di dalam maupun diluar kampus. Banyak ilmu dan pengalaman yg didapatkan dalam berorganisasi. saat ini sangat di butuhkan mahasiswa kreatif, kritis dan solutif untuk memajukan kehidupan bangsa." Ucapnya.

Pembina UKM KSR PMI unit UTU, Azwar MPH menyebutkan kegiatan Diklat dilaksanakan untuk merekrut  dan membina anggota baru tentang kepalangmerahan sehingga dapat menjadi relawan PalangMarah yang tangguh dan berjiwa sosial tinggi.

Azwar mengatakan dalam KSR itu ada tahapan, pertama yang dilakukan adalah diklat atau pelatihan dasar yang sesuai dengan ketentuan dari Palang Merah Indonesia bahwasanya setiap KSR harus melakukan atau mengikuti kegiatan diklat dasar, yang mana isinya atau kurikulumnya sesuai dengan arahan dari Palang Merah Indonesia melalui PMI Aceh Barat.

"Kami berharap nantinya calon anggota baru agar tetap konsisten mengikuti seluruh rangkaiam kegiatan sehingga nantinya adik-adik calon anggota dapat dilantik menjadi keluarga besar Palang Merah Indonesia," katanya

Adapun pemateri lainnya yang memberikan materi dalam kegiatan Diklat KSR PMI Unit UTU adalah Kabiro AKPK UTU, Drs. H. T. Muslim Raden, M.Si, dari unsur PMI Aceh Barat  Saidi Mukti, M.Si, Jalinur, S.Ag, Romi Syahputra Jaya, Anwardi dan TR.Akbar, SH. Selain itu dari PMI Nagan Raya, Agus Salim. RZ, serta dari RSU CND (Unit Transfusi Darah) Yuyun Syahputra, SKM. (*).

Komentar :

Lainnya :